Blogger news

Senin, 02 September 2013

Cara Mengatur Satuan Ukuran Unit Menggunakan Software Autocad

Sebelum memulai membuat gambar dengan AutoCAD, pertama – tama anda harus tentukan terlebih dahulu satuan ukuran yang digunakan. Satuan ukuran diatur sesuai dengan kebutuhan. Untuk negara – negara Asia (khususnya Indonesia) menganut satuan ukuran SI (Standar Internasional), tetapi tidak menutup kemungkinan menggunakan satuan ukuran yang lain.
Untuk menentukan satuan ukuran yang digunakan, AutoCAD menyediakan fasilitas pengaturan satuan ukuran dengan menggunakan perintah UNITS. Dari kotak dialog UNITS dapat diatur satuan ukuran, tingkat ketelitian, dan arah positif putaran sudut.
Langkah – langkah Mengatur Satuan Ukuran Dengan Menggunakan Autocad
Ketikkan perintah UNITS dari command line. Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti pada gambar 1.
Units
Keterangan :
  1. Grup Length, pada grup ini dapat diatur jenis satuan panjang yang digunakan misalnya panjang dalam satuan desimal (yang lainnya seperti Architectur, engineering, dll dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan). Selain itu dapat juga diatur tingkat ketelitian ukuran yang digunakan. Dinyatakan dalam banyaknya angka dibelakang koma. Makin banyak angka dibelakang koma maka ketelitian makin tinggi.
  2. Grup Insertion Scale, menentukan satuan ukuran yang digunakan, misalnya mm, cm, m, inch, dll.
  3. Grup Lighting, Standar ukuran untuk tingkat intesitas cahaya yang digunakan (Standar yang digunakan International, american, generic)
  4. Grup Angle, jenis satuan besaran sudut yang digunakan, tingkat ketelitian ukuran, dan arah posisif sudut. Jika pada clock wise di beri tanda cek, artinya arah putaran sudut posisif adalah searah dengan arah putaran jarum jam.
  5. Tombol Direction, digunakan untuk menampilkan kotak dialog direction untuk menentukan arah mulai besar sudut 0 derajat pada arah timur (east).
Setelah pengaturan selesai tekan tombol OK untuk mengakhiri dan menutup kotak dialog perintah UNITS.
Contoh Kasus :
Buatlah sebuah bidang gambar untuk gambar teknik mesin dengan ukuran kertas A4 (210×297) dengan satuan ukuran yang digunakan mm dan tingkat ketelitian gambar per seribu.
Jawaban :
  1. Bidang gambar A4 (210×297) dalam milimeter. Maka langkah pertama untuk menyelesaikan ini adalah mengubah satuan ukuran menjadi mm. Ketikkan perintah UNITS pada command line kemudian tekan enter, dan akan muncul kotak dialog UNITS (lihat gambar 1 diatas!).  
  2. Dari grup length pilih type menjadi Engineering dan satuan ukuran pilih 3 angka dibelakang koma.
  3. Dari grup insertion scale, ganti menjadi satuan mm.
  4. Lainnya dalam keadaan default jadi tidak perlu melakukan perubahan apapun, setelah itu tekan tombol OK.
  5. Untuk ukuran bidang gambar dapat dibuat dengan melihat tutorial selanjutnya.

    Semoga bermanfaat.... =D
    Submitted Post : http://tikbersama.wordpress.com/2012/03/14/tutorial-01-mengatur-satuan-ukuran/#comment-2

0 komentar: